Selasa, 27 Oktober 2015

Benarkah Anak Tertua Lebih Pintar Ketimbang Adik-adiknya Nanti?

Benarkah Anak Tertua Lebih Pintar Ketimbang Adik-adiknya Nanti?
Kamis,  22 Oktober 2015  −  04:25 WIB

Benarkah saat ini Chris Hemsworth (kanan) lebih pintar ketimbang adiknya, Liam? (metro.co.uk)
A+ A-



LONDON - Benarkah klaim yang menyatakan anak tertua alias anak pertama dalam sebuah keluarga, bakal memiliki intelejensia lebih hebat ketimbang adik-adiknya? Mari kita simak studi terbaru berikut ini. 


Seperti dilansir dari situs metro.co.uk. Sebuah studi baru telah memperlihatkan bahwa anak tertua/pertama dari sebuah keluarga mempunyai nilai IQ yang lebih tinggi ketimbang adik-adiknya. 

Uniknya, ini bukan karena soal keturunan atau alami. Justru karena si abang atau kakak tertua ini, mendapatkan anugerah itu melalui pendidikan. Lalu pendidikan apa? 

Ya, ternyata jumlah IQ lebih tinggi itu di dapat si anak tertua via mendidik atau mengasuh adik-adiknya. 

Para peneliti juga mengatakan bahwa, kalau orang tua si anak terlalu sibuk bekerja, dan memberikan pengasuhan lebih sering kepada di kakak tertua terhadap adik-adiknya. 

Maka itu merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi si anak tertua. Well, ini jelas sebuah kabar tidak bagus buat Anda, adik-adik.  




Berita buruk juga bagi Pangeran Harry, adik Pangeran William, sebagai putra mahkota Kerajaan Inggris. Atau kabar tidak baik juga bagi Kendall Jenner di keluarga Kardashian. 

Tapi eits, nanti dulu. Para peneliti yang berasal dari Universitas Leipzig, Jerman, ini. Juga memaparkan jika para orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan temuan gres ini. 

Pasalnya, letak atau nilai perbedaan IQ antara si abang/kakak tertua dengan adik-adiknya nanti. Terdapat jumlah yang tidak terlalu besar. Sehingga tidak sampai memerlukan Anda para orang tua buat melakukan pembedahan otak. 

Karena studi baru ini menyebut kalau perbedaan nilai IQ antara si kakak tertua dengan adik-adiknya nanti, hanya berselisih sekitar minus (-) 1,5 saja/anak. 




Meskipun begitu, ada kabar baik bagi Anda orang tua yang hanya memiliki dua anak. Karena si kakak tertua, disebut tidak akan terlalu mendominasi soal nilai ini atas si adik. 

Nilai kesempatan atau perbandingannya buat kategori ini ialah 6:10 (6 diantara 10) bagi sang kakak yang nantinya memiliki IQ lebih tinggi. 

So, dengan begitu adiknya relatif masih memiliki kans kuat buat melewati koefisien IQ dari sang kakak. 

Adapun harus diakui jika sang kakak punya peningkatan persepsi yang tergambar dari kekuatan otak mereka ketimbang si adik. Dan si adik memang punya kecenderungan melihat diri mereka seakan memiliki kekuarangan dari sang kakak tertua. 




Walaupun dari sisi kepribadian tidak mengalami masalah. Tapi para peneliti mengaku terkejut dengan hasil studi ini, yang mereka anggap sebagai temuan baru yang ada diluar ekpektasi. 

Perlu diketahui, jika data ini beserta nilai IQ, hingga tes kepribadian, dilakukan di tiga negara, Jerman, Inggris, serta Britania Raya. Studi ini melibatkan total lebih dari 20 ribu responden.



sumber : http://lifestyle.sindonews.com/read/1054980/166/benarkah-anak-tertua-lebih-pintar-ketimbang-adik-adiknya-nanti-1445410260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGANTAR PSIKOLOGI KOGNITIF

Ketika membaca dan berpikir mengenai apakah definisi psikologi kognitif itu? Sesungguhnya kita sedang melibatkan kognisi. Psikologi Kognitif...