Kamis, 18 Februari 2016

Kisah tentang Kentang, Telur dan Kopi

Suatu hari, seorang anak perempuan mengeluh pada ayahnya tentang hidupnya yang sngsara dan ia tidak tahu bagaimana akan menjalaninya. Dia lelah berjuang dan berjuang sepanjang waktu. Kelihatannya ketika satu masalah dipecahkan, masalah yang lain segera menyusul. Ayahnya yang seorang koki, membawanya ke dapur. Ia mengisi tiga panci dengan air dan menaruhnya di atas api.

Setelah air di panic mulai mendidih, ia tempatkan kentang ke panic yang pertama, telur di panic kedua dan bubuk kopi di panic ketiga. Dia membiarkan air mendidih tanpa bicara sepatah kata pun pada putrinya. Putrinya mengeluh dan tidak sabar menunggu, bertanya-tanya apa yang sedangayahnya lakukan. Setelah 20 menit laki-laki itu mematikan kompor. Ia mengambil kentang dari dalam panic dan meletakkannya ke mangkuk. Dia mengambil telur dan meletakkannya ke mangkuk. Dia menyendok kopi dan meletakkannya ke dalam cangkir.

Dia bertanya pada putrinya, “apa yang kau lihat?”.

“Kentang, telur dan kopi,” jawab putrinya.

“Lihatlah lebih dekat,” katanya, :sentuhlah kentangnya”.

Anak perempuannya mengatakan kentangnya lembut.

Kemudian, dia meminta anaknya mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuat kulitnya, anaknya mendapatkan sebuah telur rebus.
Akhirnya, ia meminta anaknya mencicipi kopi. Aromanya yang sedap membuat putrinya tersenyum.
“Ayah, apa artinya ini,” tanya putrinya.
Dia kemudian menjelaskan bahwa kentang, telur dan biji kopi memiliki kesulitan yang sama dalam menghadapi air mndidih. Namun, masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda. Kentang itu keras dan kuat, tapi di dalam air yang mendidih, ia lunak dan lemah. Telur rapuh dengan kulit luar yang tipis, tapi setelah dimasukkan ke air yang mendidih, bagian dalamnya menjadi keras. Biji kopi unik setelah terkena air mendidih, mengubah air dan menciptakan sesuatu yang baru.
“Kau yang mana?” ia bertanya pada putrinya.
“ketika kesulitan datang, bagaimana kau menghadapinya? Apakah kau kentang, telur atau biji kopi?”

sumber : http://www.sinopsisfilmbioskopterbaru.com/2015/11/kisah-tentang-kentang-telur-dan-kopi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGANTAR PSIKOLOGI KOGNITIF

Ketika membaca dan berpikir mengenai apakah definisi psikologi kognitif itu? Sesungguhnya kita sedang melibatkan kognisi. Psikologi Kognitif...